Thursday, March 3, 2011

ANGGUR IMPORT

Berkebun anggur memang sangat menyenangkan, apalagi kalau bisa berkebun anggur dari bibit anggur import langsung dari negara asalnya, itu baru luar biasa. Ide ini muncul sebulan yang lalu, tanpa pikir panjang segera kuhubungi balai penelitian dan pengembangan tanaman anggur di Jepang. Hasilnya... 2 hari yang lalu beberapa bibit anggur siap tanam sudah ada di depan rumah lengkap dengan beberapa hasil olahannya berupa selai anggur dan anggur kering yang rasanya luar biasa lezatnya hehehe....

Di bawah ini adalah foto kedua jenis anggur yang datang dari negeri sakura tersebut setelah di tanam langsung di tanah, tentu saja daunnya belum muncul sama sekali, karena di tempat asalnya saat ini masih dalam masa dormant musim dingin. Diharapkan setelah dipindahkan ke sini mereka akan segera bertunas karena hangatnya suhu udara di Indonesia. Ikuti terus perkembangan pertumbuhannya di posting selanjutnya.

Walaupun melalui proses yang panjang dan sulit, tetapi merupakan sebuah kebanggaan bisa mendatangkan anggur bibit unggul ini. Apalagi balai penelitian anggur yang notabene berada sangat jauh di negeri seberang tersebut dengan sangat berbaik hati mau memberikan bimbingan budidaya anggur hingga berhasil tumbuh dan berbuah. Benar-benar sebuah keberuntungan bisa mendapatkan kesempatan seperti ini.
Saat ini yang menjadi kekhawatiran adalah kemungkinan tumbuhnya di sini karena jelas sekali iklimnya sangat berbeda dengan di negara asalnya yang empat musim dan mengalami musim dingin selama 3 bulan. Pantang menyerah, sebelum dicoba sendiri ga' akan tahu bagaimana hasilnya kan? Tanam dulu, pikir belakangan hehehe... Itung-itung bisa jadi pengalaman berharga kan?
Ini foto mata tunas anggur dari dekat, kelihatannya sih memang agak berbeda dari mata tunas anggur yang biasa kita lihat. Lebih besar dan kapas pelindungnya juga lebih tebal. Menurut perkiraan, mata tunasnya akan mulai terbuka seminggu sampai sepuluh hari sejak tanam.

No comments:

Post a Comment