Thursday, July 12, 2012

PEMUPUKAN ANGGUR / PUPUK ANGGUR

Sebenarnya anggur termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk mudah tumbuh di media yang tandus sekalipun. Namun demikian tanah yang sangat ideal untuk anggur adalah tanah lempung berpasir yang porous, mudah meresapkan air. Dengan kondisi tanah apapun anggur bisa tumbuh dan berbuah, tentu saja jika mendapatkan perlakuan yang tepat tanaman anggur akan menjadi lebih sehat, lebih kuat, lebih tahan penyakit dan mampu berbuah optimal.


Sering kali kita bertanya-tanya, mengapa anggur yang kita tanam tumbuh subur, berdaun lebat tetapi tidak bisa menghasilkan buah yang banyak seperti yang dibayangkan? Atau bahkan buah yang dihasilkan berukuran kecil dengan rasa yang masam. Apakah ada yang salah?

Pada halaman PEMANGKASAN / PRUNING telah diuraikan bahwa pemangkasan memegang peranan penting dalam membuahkan anggur, tetapi tentu saja jika nutrisi dalam tanah tidak mampu menunjang pembuahan, buah yang akan dihasilkan tidak akan menjadi baik. Kendala yang sering muncul adalah gugurnya bunga, malai bunga yang pendek, penyerbukan yang tidak sempurna, ukuran buah mengecil dan kualitas rasanya menjadi rendah atau tidak mampu matang sempurna. 


Kemudian apa yang harus dilakukan untuk menghindari kendala-kendala kegagalan tersebut? Banyak orang berpendapat bahwa dengan pengolahan tanah, menambah unsur hara dan memperbaiki pH tanah bisa membantu mengatasi permasalahan yang ada. Memang benar, semua itu tentunya akan membuat kondisi tanah membaik, pada kebanyakan tanaman, baik tanaman bunga, sayur maupun tanaman buah pada umumnya semua hal tersebut sudah sangat layak untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kenyataannya dalam budidaya anggur hal tersebut masih kurang, karena untuk menghasilkan buah anggur dengan kuantitas dan kualitas yang baik tanaman anggur membutuhkan beberapa unsur hara tambahan dengan persentase yang tepat. Sayangnya selama ini berbagai pupuk yang ada di pasaran masih belum ada yang memiliki kandungan dan perbandingan yang pas untuk membuahkan anggur. 


Syukurlah selama ini Thomasgrape selalu mendapatkan bimbingan teknis dari nursery di Jepang sehingga bisa mengetahui kesalahan kecil yang berakibat fatal tersebut. Dengan bantuan mereka, saat ini Thomasgrape sedang berusaha untuk mempersiapkan produk pupuk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anggur yang nantinya bisa digunakan oleh semua penggemar anggur baik skala rumah tangga atau skala kebun. Jadi para penggemar dan petani anggur tidak perlu bingung dan ragu-ragu dalam memilih pupuk untuk tanaman anggurnya dengan harapan semua bisa menikmati hasil yang layak dari tanaman anggur yang dirawatnya. Tidak hanya cukup dengan mendistribusikan pupuk khusus anggur (pupuk anggur), Thomasgrape juga akan senantiasa mendampingi dan memberi petunjuk penggunaan pupuk anggur tersebut untuk terwujudnya hasil yang optimal.

Mohon doa dan dukungannya...


No comments:

Post a Comment