Monday, August 13, 2012

PUPUK KHUSUS ANGGUR

Berbeda dengan pupuk majemuk pada umumnya yang ada di pasaran, pupuk khusus untuk anggur ini diproduksi exclusive oleh nursery Thomasgrape dengan standar referensi perkebunan anggur di Jepang yang telah disesuaikan dengan keadaan iklim dan kondisi tanah di Indonesia.

Thomasgrape yang selama ini telah mendistribusikan bibit anggur berbagai varietas ke seluruh nusantara akan semakin memanjakan hobiis dan petani anggur, karena dengan mulai dipasarkannya pupuk khusus anggur ini semua customer Thomasgrape tidak perlu bingung dan direpotkan lagi dengan urusan pemupukan tanaman anggurnya.

Saat ini Thomasgrape telah meluncurkan 3 produk utama yang secara garis besar sudah memenuhi kebutuhan tanaman anggur sejak awal penanaman, selama masa produktif dan saat proses berbuah berlangsung. Produk-produk tersebut adalah sbb:

1. MIDORI. 
Pupuk Midori adalah pupuk majemuk berbentuk granular (butiran) yang berbahan dasar full organik. Pupuk Midori ini dirancang dengan komposisi yang tepat sebagai asupan nutrisi bagi tanaman anggur supaya mampu bekerja optimal dalam proses fotosintesa, proses pembentukan karbohidrat yang berlangsung selama permukaan daun anggur mendapatkan cahaya matahari. Dengan pengaplikasian pupuk Midori ini proses fotosintesa pada tanaman anggur akan berjalan dengan baik sehingga tanaman bisa tumbuh vigor. Harga.

2. AKAI.
Pupuk Akai juga merupakan pupuk majemuk berbentuk granular (butiran) dan berbahan dasar full organik. Pupuk Akai ini mengandung senyawa khusus yang berfungsi untuk memperlancar pengangkutan nutrisi ke seluruh jaringan tanaman anggur terutama ke cluster-cluster buah. Komposisi uniknya yang pas untuk tanaman anggur sangat berperan membantu tanaman untuk menghasilkan cluster buah anggur dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi. Secara logika pun kita mengetahui bahwa tanaman membutuhkan tenaga ekstra untuk menghasilkan buah sejak bunga pertama kali mekar hingga pematangan buahnya, dengan pemberian pupuk Akai sesuai aturan pakai, kebutuhan tenaga ekstra tersebut bisa terpenuhi. Harga.
 
3. BOOSTER.
Booster adalah bahan additif hasil ekstraksi cendawan, berbentuk micro granular yang mudah terlarut dalam air. Booster ini berfungsi mempengaruhi sel untuk berkembang lebih cepat, lebih panjang, lebih besar dan meredam proses perkembangan sel generatif. Pengaplikasian larutan booster pada malai bunga anggur bisa membuat buah anggur menjadi lebih besar, lebih manis, lebih tahan kerontokan dan mempunyai daya simpan yang lebih lama. Di sisi lain karena booster menghambat perkembangan generatif, biji anggur tidak akan tumbuh sempurna, buah menjadi tidak berbiji atau minimal biji menjadi infertil tergantung pada masing-masing varietas anggurnya. Harga.

PEDOMAN PENGAPLIKASIAN PUPUK MIDORI DAN AKAI

Pemupukan tanaman anggur usia muda (sampai usia 1 tahun)

Tanaman anggur bisa mulai dipupuk setelah pertumbuhan tunasnya sudah lebih dari 30 cm sejak pertama kali ditanam, karena sebelum mencapai 30 cm tanaman anggur tidak memerlukan banyak nutrisi, nutrisi yang digunakan hanyalah cadangan nutrisi yang ada dalam batang steknya (cuttings).

Pemupukan pertama dilakukan dengan pupuk Midori sebanyak 25 gram ditaburkan di sekeliling lingkar luar perakaran, bisa juga dibenamkan sekitar 10 cm dalam tanah lahan. Berikutnya adalah 1 bulan setelah pemupukan pertama dilakukan pemupukan dengan pupuk Akai dengan diameter yang lebih lebar, dengan dosis yang sama 25 gram.

Bulan-bulan berikutnya hingga usia 6 bulan lakukan pemupukan dengan dosis 50 gram secara bergantian setiap bulan dengan lingkaran pemupukan yang semakin diperluas. Setelah 6 bulan dosis ditingkatkan lagi menjadi 100 gram. Pada akhir tahun pertama lingkaran pemupukan sudah harus menjadi sekitar diameter 150 cm / 75 cm dari pangkal pohon.

Pemupukan tanaman anggur dewasa (1 tahun - 1,5 tahun)

Pada usia 1 tahun tanaman anggur sudah harus memiliki tajuk yang terrencana, maksudnya sudah memiliki batang utama, cabang sekunder dan cabang tersier. System apapun yang digunakan cara pemupukan tetap sama sbb:

Pemupukan dilakukan 1 bulan setelah pemupukan terakhir. Aplikasikan pupuk dengan dosis 250 gram dengan cara yang sama tetap pada diameter 150 cm secara bergantian hingga 6 bulan berikutnya. Pada akhir pemupukan tersebut tanaman anggur sudah berusia 1,5 tahun sejak penanaman. Di usia inilah idealnya tanaman anggur mulai layak untuk dibuahkan dengan cara melakukan pemangkasan pembuahan.

Pemupukan tanaman anggur produktif (1,5 tahun dst)

Untuk melakukan pemupukan di tahap ini harus terlebih dahulu dipahami siklus pertumbuhan tanaman anggur yang dimulai dari masa pengeringan (perlakuan stress air), penyiraman, pemangkasan dan masa pertumbuhan hingga buah dipetik, kemudian kembali lagi ke tahap pengeringan begitu seterusnya.

Setelah pemupukan terakhir di usia 1,5 tahun penyiraman dihentikan total selama 1 bulan, kemudian aplikasikan pupuk Akai dengan dosis 500 gram yang diikuti dengan penyiraman hingga jenuh. Seminggu kemudian lakukan pemangkasan.

Pemupukan selanjutnya kembali ke dosis 250 gram setiap bulan tetap secara bergantian antara pupuk Midori dan Akai sampai setelah masa pengeringan yang diikuti dengan pemupukan Akai kembali.

Untuk membuat kondisi tanah tetap terjaga dan tidak memadat hendaknya dilakukan penambahan bahan-bahan organik kasar seperti pupuk kandang, kompos, bokashi maupun sekam padi minimal setahun sekali, dengan demikian akar akan lebih mudah berkembang.

Untuk informasi tambahan dan pertanyaan seputar pupuk Midori, Akai dan Booster silahkan hubungi Thomasgrape melalui kolom komentar, email maupun SMS.

No comments:

Post a Comment